RSS

Malware Forensik



Forensik (berasal dari bahasa Yunani Forensis yang berarti “debat” atau “perdebatan”) adalah bidang ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membantu proses penegakan keadilan melalui proses penerapan ilmu atau sains. Dalam kelompok ilmu-ilmu forensik ini dikenal antara lain ilmu fisika forensik, ilmu kimia forensik, ilmu psikologi forensik, ilmu kedokteran forensik, ilmu toksikologi forensik, ilmu psikiatri forensik, komputer forensik dan sebagainya.
Ada banyak alasan-alasan untuk menggunakan teknik komputer forensik:
·         Dalam kasus hukum, teknik komputer forensik sering digunakan untuk menganalisis sistem komputer milik terdakwa ( dalam kasus pidana ) atau milik penggugat ( dalam kasus perdata )
·         Untuk memulihkan data jika terjadi kegagalan atau kesalahan hardware atau software.
·         Untuk menganalisa sebuah sistem komputer setelah terjadi perampokan, misalnya untuk menentukan bagaimana penyerang memperoleh akses dan apa yang penyerang itu lakukan.
·         Untuk mengumpulkan bukti untuk melawan seorang karyawan yang ingin diberhentikan oleh organisasi.
·         Untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana sistem komputer bekerja untuk tujuan debugging, optimasi kinerja, atau reverse-engineering.
Malware merupakan Perangkat perusak (bahasa Inggris: malware, berasal dari kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemiliknya.
Pengertian Malware atau Perangkat Perusak Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.Istilah ‘virus computer’ kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus), Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacingkomputer, kudaTroya (Trojanhorse), kebanyakan kit-akar (rootkit).
Dalam perkembangannya, pengertian Malware atau Perangkat Perusak sering di sebut sebagai perangkat pengintai(spyware), perangkat iklan (adware) yang takjujur, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan yang sengaja disisipkan atau dikirim. Menurut undang-undang, perangkat perusak kadang-kadang dikenali sebagai ‘pencemar komputer’; hal ini tertera dalam kode undang-undang di beberapa Negara.
Malware atau Perangkat perusak tidak sama dengan perangkat lunak cacat (defective software), yaitu, perangkat lunak yang mempunyai tujuan sah tetapi berisi kutu (bug) yang berbahaya. Kelaziman perangkat perusak sebagai wahana bagi kejahatan Internet terancang, bersama dengan ketakmampuan pelantar pemburu perangkat perusak biasa untuk melindungi sistem terhadap perangkat perusak yang terus menerus dibuat, mengakibatkan penerapan pola pikir baru bagi perniagaan yang berusaha di Internet – kesadaran bahwa pihak perniagaan tetap harus menjalankan usaha dengan sejumlah pelanggan Internet yang memiliki komputer berjangkit. Hasilnya adalah penekanan lebih besar pada sistem kantor-belakang (back-office systems) yang dirancang untuk melacak kegiatan penipuan dalam komputer pelanggan yang berkaitan dengan perangkat perusak canggih 


Lanjutan...
Achmad Saugi (51409810) (Part II)
Heri Setianto (56409714) (Part III)
Syaeful Hamzah (55409211) (Part IV)
Aviv Ubaidillah (55409312) (Part V)


 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Game Engine Panda3D


Game Engine adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game. Fungsi utama yang diberikan oleh game engine meliputi rendering untuk 2D atau 3D graphic, collision detection, sound, scripting, animasi, artificial intelligence, networking, memory management, threading dan scene graph.

Banyak jenis Game Engine yang sudah dipakai oleh beberapa vendor game, seperti OGRE, Irrlicht, Panda3D, jME, Blender dan lain – lain.

Pada Postingan kali ini akan dibahas tentang Game Engine Panda3D.

Panda 3d adalah game engine, ebuah kerangka kerja untuk 3D rendering dan pengembangan game untuk Python dan C + +. Panda3D bersifat Open Source dan bebas untuk tujuan apapun, termasuk usaha komersial, berkat itsliberal lisensi. Selama beberapa bulan terakhir, beberapa mahasiswa di Carnegie Mellon University’s Entertainment Technology Center (ETC) telah bekerja pada peningkatan proses egging serta secara bertahap meningkatkan sistem shader. Bagi anda yang pernah menggunakan Panda 3d, anda akan tahu bahwa ada proyek PLG Panda 3D di masa lalu. Beberapa dari mereka telah lumayan berhasil karena adanya ruang lingkup proyek besar. Proyek ini justru akan berfokus pada pembuatan fitur lengkap set bukan setengah potongan yang diimplementasikan seperti proyek yang gagal di masa lalu. Ini juga akan fokus pada dokumentasi baik di dalam code dan manual.
Proyek fokus pada dua hal:

         1. Shader input

         2. Egging/model proses export

Shader Input

Sebenarnya, sistem shader pertama adalah proyek siswa PLG dan sejak itu telah diperbaiki melalui proyek-proyek PLG lain dan 3D Panda Community. Shader input terus mempertahankan ini dalam manor terstruktur. Shaders telah mendukung masukan dari array dan array dari vektor untuk beberapa waktu. Namun, Panda tidak pernah didukung 3D. Ada beberapa hack waktu itu di mana array lulus sebagai tekstur, tapi ini tidak ideal untuk kinerja dan ruins texture caching schemes. Setelah proyek ini selesai, pengguna akan mendapat array input dan vektor/matriks langsung ke shader itu.Ini mungkin tidak tampak menarik pada awalnya, tetapi shader input meletakkan dasar untuk hal-hal yang lebih banyak. Jika Anda baru dalam grafis komputer, Panda 3d memiliki sistem input shader lengkap memungkinkan untuk beberapa hal berikut ini :

1.       Hardware accelerated actors/characters

2.       instancing berbasis Shader dengan tekstur yang dinamis dan mendukung animasi (crowds)

3.       Shader sistem berbasis vegetasi (pohon dan rumput)

4.       real deferred shading system

5.       real light manager system untuk shader based lights

A Real Egging Pipeline

Sampai sekarang, telah ada beberapa upaya user interface untuk maya2egg , dae2egg, dll. Sebagian besar dari mereka hanya user interface yang sederhana sampai setara command line dari mereka. User interface yang baru ini lebih dari itu, fitur-fitur yang di berikan :

1.       Simple mode bila anda tidak ingin membangun sistem

2.       Support untuk beberapa versi maya

3.       Support untuk egg tools seperti egg-opt-char dan egg-palettize

4.       Sistem batching yang secara otomatis mendeteksi apakah sebuah file telah dirubah untuk mengizinkan untuk minimal rebuilds

5.       Support untuk semua alat yang akan dibangun ke dalam sistem batch

6.       Save/Load batch scripts

 Sumber :
http://mievta.wordpress.com/2010/07/03/perbandingan-game-engine-c4-engine-dengan-panda-3d/
http://achmadsaugi.wordpress.com/2012/04/02/game-engine/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sejarah Perkembangan Game

GAME diambil dari kata bahasa Inggris yang artinya adalah PERMAINAN. Game banyak sekali disukai orang, karena sifatnya yang menghibur dan mengasah otak.

Namun pada postingan kali ini akan dibahas tentang sejarah perkembangan game selama 5 dekade.

Walaupun perkembangan game sudah  mencapai 5 dekade namun, game itu sendiri tidak terlalu populer hingga tahun 1970-an mungkin karena perngaruh dari permainan dan warna ang tersedia (mungkin...)

  • 1958: Ahli Fisika membuat video game pertamayang menbyerupai permainan Tenis Meja.
  • 1961: Steve Russel, Siswa MIT membuat game komputer interaktif pertama berjudul Spacewar
  • 1966: Ralp Baer, mencipatakan game interaktif menggunakan televisi
  • 1972: Nolan Bushnell dan Ted Dabney mendirikan Atari. Game pertama Atari adalah Pong
  • 1975: Game komputer pertama rilis, yaitu Gunfight
  • 1976: Coleco merilis konsol video game pertama yang disebut Telstar
  • 1977: Atari mengenalkan video game berbasi kartrid yang dikenal dengan nama Atari 2600
  • 1978: Atari memperkenalkan trackball dalam game Football
  • 1978: Midway merilis Space Invaders yang merupakan game arcade pertama kali yang menampilkan skor tertinggi
  • 1979: Atari mencoba mengembangkan konsol berhologram bernama Cosmos. Namun konsol tersebut tidak pernah dirilis
  • 1979: Asteroid merupakan gam pertama yang dapat memasukkan 3 karakter huruf pemilik skor tertinggi yang akan disimpan di dalam mesin
  • 1980: Activision menjadi vendor video game 
  • 1980: 300.000 unit  Pac-Man dirilis oleh Namco
  • 1981: Amie Katz dan Bil Kunkel menerbitkan majalah game petaman bernama Electronic Games
  • 1982: Atari mengeluarkan Atari 5200 untuk bersaing dengan Coleco
  • 1983: Nintendo masuk ke pasar jepang
  • 1985: Game Tetris dikembangkan oleh programmer Rusia, Alex Pajitnov
  • 1986: Nintendo NES dirilis di Amerika Serikat
  • 1986: Sega memperkenalkan Sega Master System (SMS) untuk bersaing dengan NES
  • 1986: Atari memproduksi Atari 7800
  • 1989: Nintendo memasarkan produk Handheld Gameboy
  • 1991: Nintendo memasarkan Super NES di Amerika Serikat
  • 1993: Atari merilis Jaguar, konsol 64 bit pertama di pasaran
  • 1994: Sega Saturn dan Sony Playstation memulai debutnya di Jepang
  • 1995: Sony memasarkan PlayStation di Amerika Serikat
  • 1995: Nintendo merilis Nintendo 64 di Jepang
  • 1996: Demam virtual pet Tamagotchi melanda Jepang dan Amerika Serikat
  • 1997: PlayStation menjadi game konsol terpopuler
  • 1998: Sega memperkenalkan Dreamcast di Jepang. Konsol ini bekerja pada Microsoft Windows CE
  • 2000: Sony PlayStation 2 di Amerika Serikat dan menjadi fenomena baru
  • 2000: Game The Sims dirilis dan menjadi terpopuler
  • 2001: Microsoft memperkenalkan Xbox dengan built-in Harddrive dan port Ethernet. Nintendo mmperkenalkan GameCube dan GAmeBoy Advance
  • 2004: Sony memproduksi PSP, konsol portable berresolusi tinggi
  • 2004: Microsoft menciptakan Xbox 360 untuk bersaing dengan Sony
  • 2006: Nintendo memasarkan Wii, konsol game revolusioner
  • 2006: Sony mengeluarkan PlayStation 3, konsol yang canggih namun mahal
  • 2007: Nintendo merilis Super Mario Galaxy untuk Wii
  • 2008: Grand Theft Auto 4 memecahkan rekor penjualan teringgi dalam seminggu pertama setelah rilis
  • 2008: Wii Fit dipasarkan agar para pengguna merasakan manfaat olahraga dalam konsol
  • 2009: Nintendo Wii Sports menjadi Best Seller video game.
Inilah sejarah perkembangan game dari tahun 1958-an sampai 2009-an. Mungkin nanti akan ada Video Game yang benar - benar canggih, melebihi yang sudah ada sekarang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Shuffle dance

"Everyday i'm shuffling" salah satu bagian dari lirik lagi LMFAO berjudul Party Rock Anthem dimana di dalam video clipnya terdapat tarian shuffle dance yang sekarang sedang diminati oleh orang-orang di dunia termasuk Indonesia

Shuffle dance itu sendiri adalah tarian yang mempusatkan gerakan di bagian kaki dan tumit sehingga terlihat berjalan di lantai. Tarian ini mungkin akan terlihat seperti moon walk dilaukakn oleh Michael Jackson, namun itu adalah 2 tarian yang berbeda.
Tarian ini lahir dari negara Australia tepatnya di Melbourne Underground Scene pada tahun 1980-an. Para penari tarian ini biasa disebut shufflers. 

Biasanya tarian shuffle ini dilakukan di tempat-tempat klubbing namun saat ini sudah banyak yang membawanya ke jalanan. Dan bahkan sekarang menjadi lifestyle bagi anak-anak muda. 
Bagi yang ingin mempelajari tarian shuffle dapat melihat video dibawah ini,  do it now guys !




Selamat mencoba dan kalau ketemu nanti kita akan lakukan shuffle dance together !! :D
SUMBER

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS