RSS

Komodo One of The New 7 Wonders

Komodo, adalah hewan satu-satunya yang tersisa dari zaman purba kala. Dengan ukuran tubuh yang sangat besar dan kuat komodo merupakan salah satu reptil terbesar di dunia.
Hewan ini terdapat di pulau NTT(Nusa Tenggara Timur), Indonesia.
The New 7 Wonders, komodo merupakan salah satu dari ketujuh keajaiban tersebut.
Sebelum tepilih menjadi 7 kejaiban dunia, banyak sekali pro dan kontra tentang memasukkan Komodo menjadi kejaiban dunia.
Saya menemukan beberapa alasan mengapa komodo didaftarkan menjadi 7 kejaiban dunia oleh pmenerintah.
Menurut Prof. Putra Sastrawan, mantan PR III Univ. Udayana sekaligus peneliti komodo sejak tahun 1969, ajakan untuk menjadikan komodo menjadi salah satu 7 keajaiban dunia serta imbauan SBY kepada mentri-mentrinya untuk mendukung pulau komodo menjadi salah satu keajaiban dunia adalahsalah menurut etika sebab menurut Putra yang dibutuhkan satwa purba itu bukan promosi melainkan konservasi. “ Kalau soal popularitas Komodo sudah dikenal masyarakat Internasional sejak tahun 1912. Jadi tanpa masuk new seven wonders pun hewan itu sudah terkenal di manca negara.” demikian komentar prof. Putra Sastrawan pada suarasurabaya.net Kamis (20/10) lalu.

Sementara itu di sisi lain duta untuk pulau Komodo, mantan wakil presiden H.M. Yusuf Kalla mengatakan dukungan rakyat terhadap pulau komodo bukan semata-mata dimaksudkan untuk mengejar pengakuan dunia melainkan lebih kepada upaya membangkitkan roda perekonomian nasionalkhususnya di provinsi Nusa Tenggara Timur. “ Jadi dengan mendukung pulau komodo berarti turut memberi andil bagi pembangunan ekonomi di provinsi NTT. Karena akan menjadi DTW.” Ujar ketua PMI pusat itu pada wartawan di Jakarta Senin ( 17/10) 

Silang pendapat sebagaimana ditulis di atas tentu saja menarik perhatian banyak fihak termasuk saya. Betapa tidak, hewan yang bernama latin Varanus Komodoensis ini adalah satu-satunya satwa yang tersisa dari zaman purba. Tak terbayangkan berapa besar dosa yang harus dipikul manakala hewan yang dikenal sebagai hewan ajaib karena dapat berenegerasi dengan cara parthenogenesis,-pembuahan tanpa melalui proses perkawinan, ini punah akibat dari kekeliruan yang kita lakukan saat sekarang. Sebab kalau itu yang terjadi komodo di benak anak cucu kita pastilah hanya sebatas gambar di buku-buku pelajaran. Ini tentu sebuah musibah yang harus dihindari. 

Dan itulah beberapa pendapat dari beberapa orang yang cukupe mengerti. Dan menurut saya, Komodo yang telah masuk menjadi 7 keajaiban dunia menjadi suatu kebanggan  tersendiri untuk negara Indonesia. Walaupun sebenarnya tanpa harus menjadi 7 keajaiban dunia pun, Komodo akan tetap terkenal dan akan selalu diketahui oleh semua orang di dunia ini. Dengan terpilihnya Komodo menjadi 7 keajaiban dunia makan pulau NTT akan dijadikan salah satu Daerah Taman Wisata Indonesia, dimana itu dapat menaikkan ekonomi di pulau NTT tersebut.

SUMBER

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar