RSS

Monte Carlo

Apakah itu Monte Carlo? Pertanyaan ini adalah hal yang pertama kali muncul ketika mendengar dua kata tersebut.

Menurut Sumber ini Monte Carlo adalah algoritma komputasi untuk mensimulasikan berbagai perilaku sistem fisika dan matematika. 

Menurut Sumber ini Monte Carlo adalah percobaan elemen kemungkinan dengan melibatkan semua penggunaan angka random (acak) untuk memodelkan sistemnya. Angka random ini ternyata berbeda-beda, tapi harus tetap sesuai dengan distribusi probabilitas yang bersangkutan.

Dan menurut Sumber ini Monte Carlo simulation adalah teknik atau cara yang sangat berguna dalam menganalisa situasi yang melibatkan risk untuk mendapatkan perkiraan jawaban ketika sebuah eksperimen fisik atau penggunaan pendekatan analitis yang terlalu berat atau tidak dapat dilakukan dengan mudah (Canada, Sullivan, and White, 1996:325).

Jadi, Monte Carlo versi saya adalah algoritma komputasi untuk mensimulasikan percobaan elemen kemungkinan dengan melibatkan semua penggunaan angka random (acak) untuk mendapatkan perkiraan jawaban.

Metode pada simulasi Monte Carlo terbagi dalam 5 tahapan, yaitu:
  1. Membuat distribusi kemungkinan.
  2. Membuat distribusi kemungkinan kumulatif (beda loh dari tahapan yang pertama)
  3. Menentukan batas angka random.
  4. Membuat angka randomnya .
  5. Membuat simulasi dari rangkaian eksperimen dengan mengambil angka random yang udah ada.

Pada tahapan-tahapan diatas terdapat random number atau angka acakRandom number atau angka acak adalah bilangan yang telah dihasilkan sedemikian rupa dimana ada kemungkinan yang sama bagi setiap bilangan muncul setiap waktu, tanpa urutan apapun seperti yang dialami setiap waktu sebelumnya. 

Metode Monte Carlo ini pernah dilakukan untuk berbagai kegiatan yaitu, pada tahun 1950-an, metode ini digunakan di Laboratorium Nasional Los Alamos untuk penelitian awal pengembangan bom hidrogen, dan kemudian sangat populer dalam bidang fisika dan riset operasi. Rand Corporation dan Angkatan Udara AS merupakan dua institusi utama yang bertanggung jawab dalam pendanaan dan penyebaran informasi mengenai Monte Carlo waktu itu, dan mereka mulai menemukan aplikasinya dalam berbagai bidang.

Sekian Artikel tentang monte carlo, semoga bermanfaat untuk para pembaca :D

Sumber:






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar